• Tue. Jul 5th, 2022

Kampung Berita

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Kandungan Baik Labu Siam untuk Kesehatan dan Tips Mengolahnya

ByMahessa

Oct 21, 2021

Bagi orang Indonesia pasti sangat mengenal sekali jenis sayur yang sering disebut dengan labu siam? Ya, ini termasuk dalam sayuran umum dengan harga terjangkau namun nikmat untuk dijadikan lalapan atau berbagai olahan sayur. Meskipun harganya sangat murah dan mudah didapatkan, perlu Anda ketahui jika labu siam menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan. Hal itu tentunya karena beragam kandungan nutrisi tersimpan pada jenis sayur tersebut. Penasaran apa saja itu? Yuk, bahas secara lebih detail dan jelas.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Masuk dalam kategori sayur yang memiliki kandungan nutrisi baik, siapa saja semuanya diperlukan oleh tubuh Anda. Secara otomatis akan memberikan manfaat pula untuk kesehatan jika mengkonsumsi secara berkala. Nah, dalam 203 gram labu siam Anda akan mendapatkan nutrisi banyak diantaranya kalori 39, karbohidrat 9 gram, protein 2 gram, serat 4 gram, vitamin C 26%, vitamin B9 47%, vitamin K 10%, vitamin B6 8%, mangan 19%, cooper 12%, zinc 10%, kalium 7% dan magnesium 6%. Semua itu perbandingan dari kebutuhan nutrisi dalam tubuh sebanyak 100%. Ditambah lagi labu siam mempunyai kandungan folat yang tinggi jadi cocok untuk MPASI bayi.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan yang ada pada labu siam, secara otomatis akan memberikan keuntungan bagi tubuh yang mengkonsumsi. Ya, ini langsung memberikan efek jika Anda secara berkala mengkonsumsi namun tetap dengan cara pengolahan yang tepat. Berikut ini ada beberapa manfaat bagi kesehatan seperti:

1. Melindungi radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada labu siam secara otomatis akan memberikan perlindungan lebih pada kerusakan sel, mengurangi peradangan, serta dapat menurunkan tingkat stress yang dialami oleh seseorang. Bahkan ada senyawa antioksidan yang dapat meminimalisir kanker, hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian.

2. Meningkatkan kesehatan jantung.

Siapa yang menyangka jika labu siam bermanfaat menekan resiko masalah penyakit jantung seperti munculnya tekanan darah tinggi, kolesterol sampai dengan menjaga aliran darah tetap lancar. Bahkan bagi Anda yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, bisa diturunkan dengan adanya senyawa myricetin dalam labu siam.

3. Membantu mengatur kadar gula darah.

Adanya kandungan baik dalam labu siam dapat mengatur kadar insulin, ini berguna untuk mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu ternyata juga tidak memiliki kandungan karbohidrat dan lemak tinggi sehingga baik untuk program diet.

4. Menjaga fungsi hati.

Makan makanan yang berlemak dapat mengakibatkan fungsi hati berkurang, namun jangan khawatir karena labu siam dalam membantu mengatasi hal tersebut. Dengan ekstrak labu siam secara otomatis menjaga fungsi kerja dari organ hati Anda.

5. Mendukung pencernaan sehat.

Flavonoid merupakan salah satu senyawa yang terkandung dalam labu siam, ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu ada pula kandungan serat yang tinggi sehingga menghindarkan Anda dari resiko sembelit.

Cara Mengolah Labu Siam

Di indonesia sendiri sangat umum menggunakan labu siam dalam sajian masakan, selain digunakan sebagai lalapan tidak jarang pula dibuat berbagai olahan sayur. Bisa mulai dengan direbus, di tumis, ataupun yang lainnya. Namun untuk mendapatkan nutrisi tetap baik, pastikan Anda paham mengolahnya. Misalnya seperti merebus bagusnya berapa menit, selain itu pastikan pula mengenai kualitas labu siam. Supaya yakin mendapatkan sayur labu terbaik, belanja saja di TaniHub, dimana mereka langsung mendistribusikan hasil panen para petani lokal yang sudah jelas kualitasnya terbaik. Yuk, belanja di TaniHub!